mengenal internet

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pengertian Internet

    Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan dan dapat bertukar informasi. Penghubung antar komputer tersebut agar dapat saling berkomunikasi dibutuh media telekomunikasi, bisa menggunakan line telepon (ISDN) atau bisa menggunakan sinyal dari satelit.

    Jaringan Internet bekerja berdasarkan set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengontrol lalu lintas data dalam jaringan. Protokol ini lah yang mengatur semua bentuk data yang diizinkan, menangani kesalahan, lalu lintas pesan serta standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal dengan istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP memiliki kemampuan utuk bekerja pada segala jenis komputer tampa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang sigunakan.

     

  2. Sejarah Internet

    Internet pertmakali dikembangkan pertamakali di amerika serikat oleh sebuah lembaga riset yaitu, ARPAnet (Advance Research Project Agency Network) pada tahun 1969 yang bermula menghubungkan empat buah universitas yaitu, Stanford Research Institute (SRI), University on Calofornia of Los Angles (UCLA), University Utah Charley Kline, dan University Calofornia Santa Barbara (UCSB). Saat itu masih dengan kecepatan bandwith 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983 ditemukan protokol TCP/IP maka mulailah disebut internet, pada masa itu penggunaan masih terbatas pada kepentingan akademik dan militer Amerika Serikat. Pada tahun 1990 maka penggunaan internet mulai meluas kelapisan masyarakat, dengan ditemukannya FTP (File transfer protokol).

    Pada thun 1995 dikembangkan teknologi World Wide Web yang dikenal dengan istilah WEB, yaitu suatu teknologi yang digunakan utnuk pertukaran data yang menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Selanjutnya internetpun dapat digunakan melalui telepone dan alat komunikasi mobile yang digunakan pada handphone dengan teknologi PDA (Personal Data Assistent) yang menggunakan teknologi WAP (Wireless Aplication Protocol).

  3. Apa Saja Yang Bisa Dilakukan diInternet?

    Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Internet, diantaranya:

    1. Mendapatkan Informasi. Informasi yang dapat diakses tidak hanya berita secara umum, bisa politik, ekkonomi, olah raga bahkan informasi yang benar dan dapat dipercaya sampai ke informasi yang menyesatkan seperti isu, fitnah, gosip dan lain-lain.
    2. Melakukan transaksi perdagangan. Di internet kita dapat melakukan transaksi perdagangan dengan sistem pembayaran melalui kartu kredit, ada banyak sekali situs web yang menyediakan toko online untuk pemesanan barang sesuai dengan barang apa yang disediakan, setiap pemesanan dibayar melalui kartu kredit dan barang dikirim.
    3. Berkirim surat. Ada layanan untuk berkirim surat yang lebih cepat dan praktis tampa biaya di internet yaitu fasilitas e-mail (electronic mail). Cukup dengan memiliki account e-mail anda tinggal ketik isi surat kemudian di send (kirim) dengan sekali enter, beberapa detik kemudian anda sudah tahu surat anda sudah sampai, tampa dipungut biaya.
    4. Chatting. Chatting adalah fasilitas berkomunikasi langsung layaknya berkomunikasi via telephone, bedanya chatting berkomunikasi dengan tulisan tidak dengan suara, apa yang akan kita bicarakan diketik kemudian anda enter, bebarapa detik kemudian lawan bicara anda akan membalas pesan anda.
    5. Berdiskusi. Anda dapat bergabung dengan forum diskusi di internet, atau mungkin anda membuat kelompok diskusi dengan konitas anda juga dapat dilakukan, misalnya memamfaat kan fasilitas milinglist.
    6. Internet Phone. Fasilitas internet phone merupakan layanan untuk melakukan telephone melalui jaringan internet keseluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
    7. Memasang Iklan Baris. Layaknya kita memasang iklan baris di koran, anda cukup mengisi formulir yang disediakan oleh browser, kemudian anda ketik iklan yang akan anda buat, lalu anda kirim lalu beberapa saat kemudian anda sudah bisa melihat iklan anda sudah terpampang dan dapat dibaca orang diseluruh dunia, tampa anda harus mengeluarkan biaya, bandingkan bila anda memasang iklan dikoran yang mesti anda bayar dulu baru bisa diterbitkan itu pun waktu terbatas.

       

  4. Keunggulan Layanan Internet

    Perkembangan dunia internet memiliki daya tarik yang luar biasa, jika dibandingkan dengan media komunikasi lainnya, layanan internet memiliki keunggulan antara lain:

    1. Sarana berkomunikasi yang lebih murah
    2. Sumber informasi yang terbesar, cepat dan akurat
    3. Memiliki keterbukaan yang luas tampa sensor
    4. Jangkauan yang sangat luas
    5. Memungkinkan untuk peluang usaha yang baru

       

  5. Program – program Layanan Internet

    Internet memiliki program-program layanan untuk pengaksesan data, diantaranya adalah:

    1. E- mail (elctonic mail). Merupakan surat elektronik yang dikirim melalui internet, fasilitas ini memudahkan kita untuk berkirim surat, menerima serta membalas surat elektronik ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang sangat singkat.
    2. FTP (file tranfer protocol), merupakan program layanan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam semua bentuk jenis data melalui internet menggunakan kabel dan software tersendiri. Diantara software yang dipakai adalah, windows commander, Cute FTP.
    3. Gopher. Merupakan program layanan internet untuk mengambil data berbentuk teks dari komputer lain.
    4. IRC (internet relay chat), merupakan program layanan bagi pengguna internet sebagai wadah saling bekomunikasi langsung dalam bentuk teks.
    5. Mailing list, merupakan fasilitas untuk berdiskusi atau berkumunikasi dalam suatu komunitas atau group diskusi melalui e-mail.
    6. Newsgruop. Merupakan ruang yang disediakan internet untuk percakapan bagi anggota yang memiliki kepentingan yang sama.
    7. World wide web (www) atau website, adalah fasilitas untuk bertukar informasi di internet baik berupa teks, gambar, suara, film dan lain-lain. www yaitu suatu jaringan yang membentuk format HTML (hyper texts markup language), yang memungkinkan pengguna jasa internet seluruh dunia bisa saling berinteraksi.

 

Evaluasi

  1. Jelaskan fase perkembangan internet secara singkat!
  2. Jelaskan perbedaan antara www dengan internet
  3. Jelaskan apa pengertian istilah website
  4. Jelaskan 4 kelebihan internet
  5. Jelaskan perbedaan chatting dengan e-mail

Kegiatan siswa

  1. Kunjungi warnet terdekat, kemudian akses internet, cari pengertian istilah berikut:
    1. Wap
    2. www
    3. website
    4. hotspot
    5. router wireless

catat atau print dan hasil nya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Komentar ditutup.