Pendahuluan

Microsoft Excel 2007 merupakan program pengolah angka/data yang menjadi bagian dari paket Microsoft Office bersama dengan program lainya seperti Word, Power Point, Acces, Outlook dan Publisher.

Excel 2007 sebagai hasil dari pengembangan dan penyempurnaan dari versi Excel 2003, juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan menjadikannya sebagai program pengolah angka yang tercanggih di kelasnya.

Excel 2007 memungkinkan kita untuk mengolah data secar cepat, tepat dan akurat. Dengan program ini kita bisa menggunakan beragam fungsi matematis dan statistik untuk melakukan perhitungan secara cepat.Selain itu, kita juga bisa menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik dan beragam jenis diagram.

Mengenal User Interface Microsoft Excel 2007

Versi Excel 2007 memiliki tampilan antar muka (Interface) yang berbeda dengan versi sebelumnya, Selain tampak lebih cantik, excel 2007 juga lebih efisien bekenaan dengan penekanan tombol kiri mose. Artinya, penyelesaian tugas dapat dilakukan dengan proses lebih singkat.


Keterangan Gambar:

  1. Tombol Office (office button)
  2. Ribbon
  3. Baris dan kolom
  4. Formula bar
  5. Tab sheet
  1. Tombol Office ( Office Button)

    Tombol office sama juga dengan menu file, yang apabila diklik akan muncul deretan opsi yang berkaitan dengan dokumen.

    Opsi tersebut antara lain, membuat dokumen baru, membuka, menyimpan, mencetak, mengirim, mempublikasikan, dan menutup dokumen. Selain itu juga ada opsi pengaturan Excel lanjut yang terletak dibagian bawah yang dikemas dalam tombol Excel Option.


  2. Ribbon

    Ribbon adalah bagian yang menampilkan deretan perintah dan fasilitas yang berbentuk ikon dalam kelompok tab. Bagian ini menggantikan menu dan toolbar yang terdapat pada versi excel 2003. Ribbon dirancang untuk memudahkan kita mencari perintah yang dibutuhkan, setiap perintah dikelompokkan dalam tab-tab yang berbeda seperti gambar dibawah.


    Ribbon tersebut diminimalis atau disembunyikan, caranya adalah sebagai berikut:

    1. Sorot ikon Customize Quick Acces Toolbar
    2. Pilih opsi Minimize the Ribbon
    3. Maka secara otomatis ribbon langsung tampil dalam kondisi minimize



  3. Formula Bar

    Formula bar merupakan bagian yang digunakan untuk mengetikan formulasi atau rumus perhitungan baik berdasarkan fungsi yang telah disediakan maupun secara manual.


    Kelebihan formula bar excel 2007 adalah dilengkapi dengan Expand Formula Bar yang dapat menampilkan formulasi secara utuh.

  4. Baris dan Kolom

    Semua data yang di input pada excel terletak pada baris dan kolom ini, baris dan kolom dapat menampung data dalam jumlah yang besar. Secara nominal jumlah baris pada versi excel 2007 adalah 1.048.576 dan kolom sebanyak 16.384.


    Baris ditunjukan dengan lajur harizontal ditandai nomor baris; 1, 2, 3, dan seterusnya  sedangkan Kolom ditunjukan dengan lajur vertikal yang ditandai dengan abjat A, B, C,……ZZ. Pada bagian ini dikenal juga istilah Sel. Sel adalah perpotongan antara baris dan kolom.

  5. Tab Sheet

    Bagian Tab Sheet menunjukan banyaknya lembar kerja yang tersimpan dalam sebuah workbook atau dokumen. Sbuah workbook sangat memungkinkan terdiri dari banyak worksheet atau lembar kerja.


    Tab sheet berfungsi untuk mempermudah kita berpindah dari satu worksheet ke worksheet yang lain. Tab sheet ini terdapat dibagian bawah jendela excel 2007. Secara default, setiap worksheet diberi nama dengan sheet 1, sheet 2, sheet 3, dan seterusnya. Nama worksheet tersebut dapat pula dirubah sesuai dengan data yang dimasukan ke dalam worksheet tersebut. Cara merubah worksheet, langkahnya sebagai berikut:

    1. Klik kanan sheet yang akan diubah namanya, lalu pilih opsi Rename.

Setelah itu sheet akan terblok, ketik nama baru yang anda inginkan lalu tekan tombol enter

Bersambung………………..

Komentar ditutup.