Membuat workbook Baru

Workbook atau dokumen spreadsheet telah tersedia secara otomatis begitu kita meluncurkan (launch) jendela Excel 2007. Namun, jika kita kita ingin membuat workbook baru, maka langkahnya adalah:

  1. Tekan tombol Office (office button)
  2. Pilih opsi New


  3. Lanjutkan dengan memilih opsi Blank and recent di bagian templetes
  4. Berikutnya klik tombol Create


  5. Maka secara otomatis akan muncul workbook baru yang ditunjukan dengan nama default yang berbeda pada title bar

Menyimpan Workbook

Penyimpanan workbook dapat dilakukan sebelum atau sesudah kita menginput data. Untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan seperti listrik padam, serangan virus dan lain sebagainya, maka sebaiknya kita menyimpan workbook sebelum menginput data.

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam menyimpan workbook:

  1. Klik tombol office
  2. Pilih opsi Save atau Save As


  3. Selanjutnya muncul sederetan opsi format file penyimpanan sesuai dengan keperluan kita, jika kita ingin file kita bisa dibaca pada excel versi lama, maka pilih opsi Excel 97-2003 workbook.
  4. Berikutnya muncul kotak dialog Save As, tetukan folder penyimpanan kemudian ketik nama file pada kotak teks file name.


  5. Klik tombol Save.
  6. Perhatikan dokumen pada title bar langsung berubah sesuai dengan nama file yang anda ketikan.

Membuka Dokumen

Setelah dokumen disimpan, maka anda bisa membuka dokumen tersebut kapanpun. Untuk membuka dokumen yang telah disimpan, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Buka jendela kerja Excel 2007, sehingga kita dihadapkan pada workbook baru.
  2. Kemudian klik tombol office.
  3. Selanjutnya klik ikon open.


  4. Pada kota dialog open, buka folder penyimpanan file atau dokumen yang ingin kita buka kembali lalu Seleksilah file tersebut.
  5. Klik tombol open


  6. Sesaat kemudian dokumen yang anda inginkan langsung meluncur kehadapan anda.

Menutup Dokumen

Apa bila kita sudah Selesai mengerjakan data dalam dokumen atau workbook, Selannjutnya kita sudah bisa menutup dokumen. Untuk menutup dokumen langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol office terlebih dahulu
  2. Klik ikon close atau bisa juga dengan mengklik tombol close (ikon close)dipojok kanan atas workbook.


  3. Jika anda belum menyimpan perubahan terakhir yang anda lakukan pada dokumen, maka akan muncul kotak dialog yang mengkonfirmasi apakah anda ingin menyimpan perubahan erakhir yang dilakukan.apabila anda ingin menyimpanya, klik tombol Yes.
  4. Selanjunya worksheet/dokumen anda akan tertutup, tetapi anda masih berada dalam jendela Excel 2007.

Beersambung…..

Komentar ditutup.