Berbagaimacam bentuk dan jenis media untuk menyimpan data pada komputer, baik yang berukuran besar secara fisik seperti Hardisk, CD/DVD, Flashdisk dan lain-lain. Namun juga banyak media penyimpanan data dalam ukuran mini yang sering kita sebut dengan kartu memory. Dipasaran sangat banyak sekali tersedia jenis memory ini, dengan berbagai kapasitas penyimpanan mulai dari 16 MB hingga 12 GB.

CF (CompactFlash).diperkenalkan tahun 1994, sebagai penerus PC-MCIA/PC Card. Kebanyakan digunakan pada kamera digital, dengan kapasitas 64MB hingga 12 GB.

M2 (MemoryStick). singkatan dari memory stick micro M2, ukuran form factor terkecil untuk MS, hanya 1/4 dari MS PRO Duo.

microSD. micro SD Card merupakan form terkecil dari SD Car. Dikenal juga dengan sebutan TransFlash, atau T-flash. dengan dimensi 11 X 15 X 1 mm dengan berat 0,4 gram.

mini SD. Mini SD Card memiliki ukuran lebih kurang 60% dari SDCard. Writing protection switch tidak tersedia pada form ini. Dimensinya 21,5 X 20 X 1,4 mm dengan berat  gram. kapasitas 16 MB hingga 2 GB.

MS (MemoryStick). dikembangkan oleh Sony, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat sony, khusus nya kamera digital. Namun terbatas untuk kapasitas 128 MB. Pada tahun 2003 diperkenalkan Memory Stick PRO, kapasitasnya dan kemampuanya berkembang. Selain poduk Sony, ada juga produk ScanDisk dan Lexar. Dimensi 20 X 21,5 Xn2,8 mm.

sumber : PCMedia edisi ekonomis no. 08/2010


Komentar ditutup.