Untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu yang lebih baik, tentu tidak cukup hanya mengandalkan belajar proses belajar dalam kelas bersama guru saja, namun perlu banyak membaca berbagai referensi agar pengetahuan dan pemahaman kita lebih kaya. Namun kadang tidak semua siswa berkemampuan dari segi biaya untuk bisa membeli buku-buku sekolah yang memang harganya cukup mahal untuk kalangan menengah kebawah, akibatnya hanya siswa yang orang tuanya berkecukupan saja yang dapat memiliki buku-buku yang berkualitas.

Di era reformasi dan globalisasi saat ini menciptakan jurang yang lebar antara yang mampu dengan yang kurang mampu, sehingga yang dapat mengenyam pendidikan yang lebih baik disekolah hanya untuk siswa dengan orang tua yang mampu, walaupun banyak anak yang dari kalangan kurang mampu memiliki kecerdasan dan keseriusan yang tinggi di sekolah tapi mereka kurang beruntung untuk mengembangkan dirinya diakibatkan ketidak mampuan mereka melengkapi sarana belajar mereka dengan lebih baik. Jika fenomena ini terus berlangsung bagaimana kita akan mengharapkan kemampuan dan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih unggul merata di seluruh wilayah Indonesia, apatah lagi kelulusan yang dipatok Pemerintah (Kemdiknas) dipukul rata seluruh Indonesia, walaupun Pemerintah beralasan bahwa SKL, Kurikulum nya sama diseluruh indonesia. Tapi cara untuk mencapai target itu kesulitannya tidaklah sama, sekolah tertentu sangatlah mudah mencapai target dengan fasilitas yang mendukung dari sekolah dan orang tua, bagaimana dengan sekolah di daerah dengan kemampuan orang tua juga kurang.

Untuk membantu siswa memiliki buku yang murah memang Pemerintah sudah mengadakan buku murah melalui BSE (buku sekolah elektronik) yang dapat di download gratis, pertanyaannya apakah seluruh siswa dapat mengakses Internet diseluruh Indonesia?, jangankan siswa akan mendownload, sekolah mereka aja tidak punya Jaringan Internet bahkan di daerah mereka aja tidak akses Internet.

Bagi siswa/siswa Indonesia yang tercinta, yang disekolah anda memiliki jaringa Internet atau melalui warnet yang ada disekitar tempat tinggal anda mari miliki koleksi buku – buku pelajaran anda secara gratis (eh..warnetnya bayar lho..) yang disediakan Pemerintah, semoga semua dapat referensi yang lebih baik untuk belajar. Lihat BSE diawah ini…, untuk mendownload klik Tab BUKU BSE

Sumber : http://bse.kemdiknas.go.id/

Komentar ditutup.