Grafik dalam hal ini yaitu tentang citra visual (image). Akibat kemajuan teknologi informasi penggunaan desain grafis yang praktis ini mengalahkan usaha-usaha konvensional, misalnya untuk membuat spanduk masyarakat dahulu seseorang harus mengerjakannya, melukis dan membutuhkan biaya.

    Adapun dalam dunia komputer terutama di bidang desain dan grafika terdapat dua macam diantaranya :

  1. Grafik bertipe vektor
  2. Grafik bertipe Bitmap
  1. Grafik Bertipe Vektor

Grafik dengan tipe (atau format) vector merupakan gambar yang dibentuk obyek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematika. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Obyek vector banyak digunakan dalam pembuatan foto pengelolaan teks dan logo.

Kualitas hasil tampilan vector tidak tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution independent), yang artinya gambar vector bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan juga dapat dicetak pada tingkat resolusi gambar sebesar apapun tanpa kehilangan kehalusan dan ketajamannya. Citra atau grafik vector merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan gambar-gambar yang harus dipertahankan ketajamannya serta kehalusannya ketika ukurannya berubah-ubah (diperbesar ataupun diperkecil).

Grafik vector juga hanya memerlukan ruang penyimpanan yang relative kecil (hemat) sehingga media penyimpanan di komputer anda tidak cepat penuh. Untuk gambar-gambar sederhana seperti bangun geometri yang tidak terlalu rumit pewarnaannya, anda disarankan untuk menggunakan tipe vector. Dalam bentuk file, citra vector biasannya memiliki format *.eps (encapsulated postscrip),*.wmf (windows metafile) atau sesuai dengan software aplikasi grafis pembetukannya.

  1. Grafik Bertipe Bitmap

Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Citra bitmap menggunakan titik-titik berwarna yang disebut pixel (pic-ture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan. Tampilan bitmap mampu menunjukan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar.

Oleh karena itu format bitmap paling tepat digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit seperti foto dan lukisan digital. Namun, format bitmap mempunyai kelemahan dimana setiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution dependent), artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti (tetap). Akibatnya gambar bisa kehilangan detail dan juga terlihat “kotak-kotak”(jagged) jika ukurannya diperbesar atau jika resolusinya diperkecil dari resolusi aslinya.

Citra dengan format bitmap ini memerlukan ruang pemyimpanan data yang relatif besar, sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya. Dalam bentuk file citra bitmap biasannya memiliki format *.bmp, *. Jpg, *jpeg, *. Tif, *. Tiff, ataupun *. Png. Gambar yang dihasilkan oleh kamera digital ataupuin scanner Anda akan ditransfer ke komputer dalam bentuk citra bitmap.

CONTOH GAMBAR

  1. Grafik Bertipe Vektor


  1. Grafik Bertipe Bitmap

Istilah-istilah Yang Terdapat Dalam

Tipe-tipe Grafik Komputer

  • Grafik yakni, Grafik yang dimaksud disini adallah grafik tentang citra visual (image).
  • Garis yaitu sebuah lengkungan lurus dalam geometris. Garis merupakan satu anggapan primitive dan sistem aksiom.
  • Kurva yaitu suatu objek geometris yang merupakan satu dimensi dan kontinyu.
  • Resolusi Gambar yaitu banyak detail gambar yang tersimpan.
  • BMP yaitu format grafis yang fleksibel untuk flatform windows, sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun.
  • EPS yaitu format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen yang berisikan grafik vektor maupun teks. Kelemahan file ini adalah tidak mampu menyimpan alfha channel.
  • JPEG yaitu singkatan dari Join Fhotografhics Expert Group. Yang mana merupakan format yang mampu mengkompleks objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan.
  • TIF yaitu format file yang mampu menyimpan gambar hingga 32 bit. Format ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi cetak.
  • JPG yaitu format yang mengkompres dengan menghilangkan detail
  • TIFF yaitu singkatan dari Tagged Image File Format. TIFF merupakan format gambar yang pleksibel, biasanya menyimpan gambar 16 bit perwarna.
  • Pixel yaitu unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung perinci.
  • Raster yaitu istilah lain dari grafik Bitmap

(tugas kelompok 2; kls XII IPA 2 SMANSA Kampar 2012)

Komentar ditutup.