PERTEMUAN 2

3. Saluran telephone

saluran telephone merupakan syarat utama untuk dapat mengakses Internet melalui jaringan kabel. Saluran telephone dapat disambungkan dengan modem internal maupun modem eksternal. Selain menggunakan saluran telephone, untuk akses Internet dapat juga melalui saluran satelite, leased line ataupun gelombang radio.

4. Kabel – kabel

Pada jaringan LAN ada beberapa jenis kabel yang dipakai, antara lain: kabel UTP (unshield twisted pair), STP (shield twisted pair), Coaxial dan Fiber Optic. Kabel UTP adalah jenis kabel yang paling banyak digunakan pada jaringan LAN, karena lebih murah dan flexible. Perhatikan penampang kabel dibawah, berturut dari kiri kabel coaxial, fiber optic, kabel UTP dan STP.

            

Gbr. 10. Penampang kabel coaxial, kabel optic, kabel UTP dan STP

 

Konektor RJ-45

Digunakan sebagai penghubung kabel UTP ke port RJ-45 pada komputer, modem dan hub/switch. Pemasangan kabel UTP pada konektor RJ-45 terdapat dua sistem pemasangan, yaitu sistem Crossover dan Stright (sistem silang dan Lurus). Kabel UTP dan STP terdiri dari empat pasang kabel warna yang masing-masing pasangan dililitkan, untuk pemasangan kabel ke konektor RJ-45 diatur sesuai dengan standar 568A (EIA) dan 568B (TIA). Jika memasang kabel crossover maka ujung satu menggunakan standar 568A dan yang lain menggunakan stadar 568B, bila memasang kabel stright kedua ujung kabel menggunakan standar 568A saja atau 568B saja.


Gbr.11. Konektor RJ-45

Konektor RJ -45 memiliki 8 pin, untuk memasangkan kabel UTP ke konektor RJ – 45 perlu diperhatikan nomor pin satunya. Arahkan klip konektor kebawah dan ujungnya mengarah kedepan kita, pin yang paling kiri adalah nomor pin 1(satu).

            

Gbr. 12 Model sambungan UTP pada konektor RJ-45

Hub/Switch, digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segment jaringan ke jaringan lain.


Gbr.13. switch 24 port

7. Router , digunakan untuk memilih jaringan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan. Router hanya dibutuhkan untuk jaringan, untuk sambungan internet yang bukan jaringan tidak diperlukan cukup hanya modem. Modem dan router merupakan satu kesatuan pada server jaringan, bahkan saat ini sudah ada modem yang dipadukan dengan router dan wireless adapter, sehingga memudahkan untuk membangun jaringan hotspot.


Gbr.14 Router wireless

Dalam segmen jaringan perlu ditempatkan router yang berfungsi sebagai penguat sinyal.


Gbr.15 Penempatan router pada jaringan

Ethernet Card (LAN Card)

untuk penggunaan kabel UTP diperlukan ethernet/LAN Card/NIC (network interface card) yang berfungsi sebagai antarmuka jaringan untuk transmisi data antar komputer yang terkoneksi.


Gbr.16. Ethernet

Ethernet Card memiliki kecepatan tranfer data mulai dari 10bps, 100bps dan 1000bps. Terdapat tiga jenis ethernet, yaitu: 1) ethernet, dengan kecepatan tranfer data 10bps, 2) fast ethernet dengan kecepatan 100bps dan 3) gigabit ethernet dengan kecepatan 1000bps. Dipasaran juga tersedia ethernet kombinasi 3kecepatan (10/100/1000bps) yang dikenal dengan combo adapter.


 

Komentar ditutup.