Jika ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telephone melalui modem, maka kita dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP (internet service provider). Setelah anda mendaftar kita akan diberi user ID dan password, serta nomor dial ISP tersebut saat mendaftar. Contoh ISP adalah telkom speedy, wasantara net, radnet, elganet, centrin, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat Telkomnet Instant tampa bayar abonement untuk biaya daftar dan langganan, tapi biaya akan dihitung melalui pemakaian pulsa telephone yang akan langsung ditagihan rekening telepohone tiap bulan.

Dalam menetapkan tarif pelanggan, ISP biasanya memberikan tiga pilihan skema tarif yang diberlakukan untuk pelanggan, yaitu:

  1. Time based, yaitu tarif internet ditetapkan berdasarkan lamanya pemakaian. Misalnya, untuk telkomnet instan tarifnya Rp 165,00/menit.
  2. Volume based, yaitu tarif internet dikenakan berdasarkan beban pemakaian, yang dihitung dalam satuan per kilobyte data. Misalnya, indosat GPRS tarifnya Rp 10,00/Kb.
  3. Unlimited atau Flate rate, dimana tarif ditetapkan sama tiap bulannya, dengan pemakaian tampa batas. Misalnya, speedy office dengan tarif Rp 750.000,00/bulan belum termasuk pajak dan biaya telephone.

    Mengakses Internet melalui ISP Telkomnet Instan

    Bagi yang menggunakan Operating System Windows Vista dan Win 7, maka anda dapat mengikuti langkah berikut:

1.

Pertama-tama, klik kanan icon network anda sehingga menu seperti gambar dibawah ini


Gambar 10 ikon network

2.

Pilih menu Open Network and Sharing Center sehingg akan muncul kotak dialog sebagai berikut.

Kemudian klik Set up a new connection or network dan selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini


Gambar 11 network and sharing center

3.

Pilih Connect to the Internet dengan mengkliknya dan jika sudah, klik tombol Next


Gambar 12 setup conection

4.

Pilih Dial-up dengan cara mengkliknya


Gambar 13 pilihan koneksi

5.

Isi informasi dial up telkom instan, number: 080989999, user name: telkomnet@instan, password: telkom. Isi juga nama koneksinya, dalam hal ini diisi Telkom-Instan. Jika sudah klik tombol Connect


Gambar 14 informasi ISP telkomnet instan

6.

Selanjutnya sistem akan melakukan dialing dan testing. Anda bisa mengklik tombol Skip untuk sekedar menyimpan konfigurasi ini.


Gambar 15 proses dialing

7.

Kalau udah disimpan, nanti dibagian network akan muncul seperti dibawah. Kalau diklik dial-up (telkom-instan) akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini

8.

Untuk memulai dial, klik tombol Dial

9.

Tunggu sampai sukses koneksinya. Selanjutnya selamat ber internet ria

Komentar ditutup.