Sumber: 1 enersi.com

Ketika aku di kelas 1 SD, Aku melihat kakak kelasku yang di kelas VI sangat sibuk sekali mengikuti LES pelajaran tambahan di sore hariyang dilaksanakan disekolah, Aku mikir kok ada lagi pelajaran tambahan ya…, untuk memenuhi keingintahuan aku aku iseng nanya sama kakak kelasku, kak pelajaran tambahan itu apa sih, kekak kelas ku menjawab pelajaran tambahan itu membahas soal-soal UN, oooo begitu ya…

Tidak lama berselang beberapa bulan kelas Aku diliburkan beberapa hari, kata ibu Guru kalian diliburkan untuk beberapa hari dan jangan lupa belajar dirumah, karena kakak kalian kelas enam akan melaksanakan ujian UN, kembali Aku bertanya dalam hatiku apa sih ujian UN itu?

Ada tetenggaku kelas VI juga tapi di SD lain, satu hari Dia menangis minta beliin HP sama orang tuanya, lalu Aku tanya kok minta HP sampai nangis, emangnya disekolah boleh bawa HP kataku, sambil terisak Dia bilang disuruh Bu Guru bawa HP untuk ujian UN, Aku mikir ujian UN Jawabnya pake HP ya, lalu Aku kembali bertanya emangnya HP untuk apaan? Iya kalau tak pake HP nanti pas Ujian UN nggak kebagian Jawaban, Aku nyeloteh lagi emang yang kasih jawaban siapa? Ya Bu Guru lah kata kakak tadi. Aku semakin bingung katanya Ujian UN terus disuruh bawa HP trus jawaban dikirim lewat SMS, Aku tambah bingung Ujian UN itu begitu ya…

Bu Guru Ujian UN itu apa?

Sebenarnya Aku tahu lebih apa sih UN itu, tapi aku simpan saja sampai hilang dari ingatan ku, tak terasa lama berlalu aku melihat suatu hari Kakak kelasku berkumpul di depan papan pengumuman yang ada di depan Kantor Sekolah, lalu Aku melihat ada yang histeris, ada yang bergembira sambil bersorak, Aku bingung. Lalua aku bertanya ada apa kak? Kami lulus UN… begitu jawab mereka.

Tiga tahun berlalu, kak kelasku itu sudah dikelas IX SMP, katanya mau Ujian UN Minggu depan, tapi Aku perhatikan dia begitu santai, malah sibuk dengan HP nya, saya tanya kakak kok lama kali ngetiknya buat sms apa kok lama kali?, eh.. ini bukan sms tapi FB, karena Aku begok dan nggak puya HP Aku tanya lagi FB itu apa? Facebook jawabnya singkat. Seminggu berikutnya Aku ketemu lagi, gimana kak,ujiannya sukses? Sukses lah…kan kunci jawabannya dikasih tu…, teingat lagi tiga tahun lalu UN di SD kuncinya juga di kasih tahu, Kalu begitu sama ya dengan UN SD dulu. Aku belum faham juga UN itu apa BU GURU?

Aku juga dengar kakak SMA juga akan UN, bahkan katanya Paketnya lebih berat dari tahun lalu yang hanya lima paket sekarang 5 paket, aku tanya paket itu apa kak? Paket itu soalnya beda tiap orang, karena ujiannya 20 orang per lokal, senin nya aku lihat lagi kakak – kakak SMA ngumpul beberapa orang disebelah rumahku, kebetulan Dia tetanggaKu, aku dengar percakapan mereka, tadi kamu dapat paket berapa, lalu temannya bilang aku paket 23, lalu kakak itu nanya kamu dapat kunci berapa? Hanya 35 kunci. Aku jadi Bingung lagi SMA pake kunci juga ya.

Maka aku bertanya lagi, BU GURU UN itu apa?

Komentar ditutup.